Senin, 05 Februari 2018

Pertama, waktu akses semakin besar. Register-register CPU dapat diakses dalam beberapa nanodetik. Memori-memori chace menggunakan sebagian kecil register CPU. Waktu akses-akses memori utama adalah beberapa puluh nanodetik. Sekarang muncul perbedaan besar, ketika waktu akses disk adalah 10 mdetik, dan akses disk pita magnetik atau akses disk optik diperlukan dalam ukuran detik jika media tersebut harus diambil dan dimasukkan ke dalam sebuah drive. Kedua, kapasitas penyimpanan meningkat ketika kita bergerak ke arah bawah. Register-register CPU yang dalam kondisi maksimalnya hanya mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 128 byte. Chace mempunyai kapasitas penyimpanan beberapa megabyte, memori-memori utama untuk puluhan hingga ribuan megabyte, disk-disk magnetik untuk beberapa gigabyte hingga puluhan gigabyte. Disk pita magnetik dan disk optik biasanya tetap dibiarkan off line, jadi kapasitas mereka dibatasi hanya oleh kemampuan dana pemiliknya. Ketiga, jumlah bit-bit yang Anda beli meningkat ketika Anda bergerak menuruni hierarki. Meskipun harga-harga sebenarnya berubah dengan cepat, memori utama diukur dalam dolar/megabyte, penyimpanan disk magnetik dalam sen dolar/megabyte, dan disk pita magnetik dalam dolar/gigabyte atau kurang.

A. Inboard Memori


Inboard memori adalah memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor. Inboard memori dibagi menjadi 3:

a. Register Memori

Merupakan jenis memori dengan kecepatan akses yang paling cepat, memori ini terdapat pada CPU, prosesor. Contoh: Register Data, Register Alamat, Stack Painter Register, Memori AddresRegister, dan Instruction Register.

b. Cache Memory

Merupakan memori berkapasitas kecil yang lebih mahal dan memori utama. Cache memory terletak antara memori utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak Iangsung mengacu pada memori utama agar kinerja dapat ditinggikan.

c. Memori Utama

Memori utama adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis memori utama adalah sebagai berikut :

1) ROM (Read Only Memory)

yaitu memori yang hanya bisa dibaca data atau programnya. Pada PC, ROM terdapat pada BiOS (Basic input Output System) yang terletak pada motherboard yang berfungsi untuk men-setting periferal yang ada pada sistem. Contoh: AMIBIOS, AWARD BIOS, dan Phoenix Bios. ROM untuk BIOS beragam jenis di antaranya jenis Flash EEPROM BIOS yang memiliki kemampuan dapat diganti programnya dengan software yang disediakan oleh perusahaan pembuat motherboard. Pada umumnya penggantian tersebut untuk peningkatan unjuk kerja dari periperal yang ada di motherboard.

2) RAM (Random Acces Memory)

yang memiliki kemampuan untuk diubah data atau program yang tersimpan di dalamnya. Ada beberapa jenis RAM yang ada di pasaran saat ini:
a) SRAM          c) SDRAM            e) RDRAM
b) EDORAM    d) DDRAM           f) VGRAM


B. Outboard Storage


Outboard storage adalah penyimpanan yang memiliki kapasitas lebih besar dan pada inboard memory dan bersifat non-volatile, serta digunakan dalam kurun waktu tertentu. Contoh dan outboard storage ini antara lain sebagai berikut.

a. Magnetic Disk

Outboard storage yang terbuat dan satu atau lebih piringan yang bentuknya seperti piringan hitam yang terbuat dan metal atau dari plastik dan permukaannya dilapisi dengan magnet iron-oxide, serta memiliki read/write protect notch (lubang proteksi baca dan tulis).

b. Hard Disk

Terbuat dari piringan keras dari bahan alumunium atau keramik yang dilapisi dengan zat magnetik. Saat ini komputer telah menggunakan kapasitas hard disk hingga 500 gigabyte lebih.


C. Off-line Storage

Off-line storage tergolong dalam penyimpanan yang lambat karena masih menggunakan pita magnetik. Riskannya menggunakan data lama masa pakai membuat jenis penyimpanan ini sangat jarang digunakan. Contoh: cartridge tape dan WORM.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

Contact Us

Copyright © Axioo Class Program -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan